Hindari 6 Hal Ini Agar Hp Lebih Awet Dan Tahan Lama

Advertisement
Advertisement
Caramenyu.com - Smartphone android saat ini sudah menjadi tren tersendiri bagi para generasi muda seiring dengan runtuhnya dominasi ponsel nokia yang berjaya di tahun 90-an. Tentunya kita semua tahu bahwa saat ini kebanyakan ponsel yang beredar hampir semuanya menggunakan teknologi layar sentul. Awet atau tidaknya sebuah ponsel tentu dipengaruhi beberapa faktor diantaranya yaitu faktor kualitas ponsel itu sendiri, baik teknologinya ataupun material yang digunakan, dan yang paling penting adalah faktor bagaimana kita merawat ponsel yang kuta miliki.

Terkadang perawatan yang kita lakukan sudah sesuai dan sudah kita jaga dengan hati-hati, tetapi masih saja ponsel kita rusak atau mati. Apabila hal ini terjadi dapat dipastikan jika ponsel yang kita beli sudah memiliki cacat sejak pembuatannya, oleh karena itu biasanya setiap pembelian ponsel yang baru biasa terdapat sebuah garansi produk yang dapat menjamin sampai beberapa waktu kedepan terhadap kerusakan yang dikarenakan cacat dalam proses produksinya. Tidak semua ponsel yang rusak atau mati sebelum waktunya dikarenakan oleh kegagalan produksi, akan tetapi semua itu juga bisa disebabkan oleh beberapa hal sepele yang kadang kita lupakan atau bahkan mungkin kita dengan sengaja melakukan itu karena kita beranggapan hal tersebut tidak akan berpengaruh buruk pada ponsel kita.

Bagi anda yang menginginkan ponsel yang awet dan panjang umur, maka perlakukan ponsel anda dengan benar. Dengan perawatan yang benar setidaknya prosentase kerusakan akan semakin kecil dan ponsel anda akan menjadi lebih awet dan juga tahan lama.

BERIKUT PENYEBAB YANG MEMBUAT PONSEL KITA CEPAT RUSAK :

1. Penggunaan Charger Palsu

Pada umumnya Kerusakan kerusakan yang terjadi pada ponsel dikarenakan oleh penggunaan perangkat charger yang biasanya tidak sesuai dengan ponsel kita, apalagi penggunaan charger ponsel yang imitasi sering menjadi penyebab utama ponsel kita cepat rusak. Hal ini biasanya disebabkan oleh tegangan yang dihasilkan oleh charger non-original kurang stabil sehingga lama-kelamaan baterai ponsel akan cepat menurun kinerja komponennya. hal itu juga akan berpengaruh pada usia baterai.


2. Pengecasan Yang Terlalu Lama

Idealnya saat melakukan pengecasan ponsel biasanya dilakukan hingga baterai terisi penuh, dan apabila baterai sudah terisi penuh sebaiknya pengisian baterai segera dihentikan/dilepas. pengisian baterai yang terlalu lama akan mengakibatkan baterai serta ponsel kita akan berusia pendek, meskipun sebenarnya kelebihan arus saat pengisian baterai secara otomatis akan terputus jika level baterai ponsel kita telah terisi penuh. Namun kebiasaan pengecasan ponsel dalam waktu yang lama dan secara terus menerus tetap terjadi, maka akan mengakibatkan komponen ponsel terutama bagian regulator pengecasan akan cepat rusak karena panas. Sehingga ponselpun akan cepat mati.
Pada ponsel canggih saat ini kebanyakan telah memiliki pengaman untuk mengatasi kelebihan pengecasan baterai. namun tetap saja, pengisian baterai yang terlalu lama sangat tidak disarankan. Karena selain akan memperpendek usia baterai dan ponsel, hal lainnya tentu akan memberi dampak pada pemborosan listrik dirumah.


3. Kondisi panas Hp yang berlebihan

Seringnya kita bermain game, dan mengakses internet yang tanpa henti akan membuat baterai terasa panas. Memaksa menjalankan ponsel pada saat kondisi panas yang sangat berlebihan, akan menyebabkan ponsel menjadi overheat, sehingga hal ini juga akan membahayakan nyawa ponsel itu sendiri. Jika hal seperti tadi terus saja terjadi, bukan tidak mungkin lama-kelamaan ponsel akan cepat mati karena komponen didalam ponsel beroperasi dalam suhu yang terlalu tinggi.


4. ponsel jarang diistirahatkan

Jika ponsel kita di ibaratkan manusia, ponsel juga memerlukan istirahat sejenak untuk mendinginkan seluruh komponen yang ada didalamnya. Dengan mengistirahatkan ponsel secara berkala, akan sangat bagus untuk keawetan ponsel itu sendiri. sebaiknya matikan ponsel kita ketika kita tidak sedang memakainya atau lebih bagus lagi baterai juga dilepaskan ketika mengistirahatkan ponsel tersebut.


5. ponsel Sering terjatuh dan terkena air

Hal ini merupakan salah satu Pantangan yang paling utama untuk perangkat elektronik. salah satunya adalah benturan keras ataupun terkena air ( untuk ponsel non-water resist ). sering terjatuh hingga mengakibatkan kerusakan permanen pada bagian luar maupun bagian dalam ponsel akan berdambak sangat nyata. Demikian juga jika ponsel terkena air bahkan hingga masuk kedalam bagian komponen yang berada didalamnya, hal ini akan sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian ponsel karena komponen ponsel adalah elektronika yang tidak boleh terkena air saat kondisi menyala.
Sehingga anda perlu berhati-hati dalam memperlakukan ponsel yang dipakai apabila anda ingin ponsel yang digunakan manjadi lebih awet.


6. Daya Baterai Sering Habis Total

Kesenangan kita ketika sedang memainkan ponsel terutama pada saat menjalankan aplikasi media sosial ataupun game sering kali mengakibatkan kita lupa untuk segera mengisi baterai yang telah memiliki daya yang lemah. Padahal kondisi ponsel yang sering kehabisan daya baterai sampai baterai terlalu lemah akan berakibat baterai cepat rusak atau mati.
Terlebih lagi pada saat kita bepergian, hal itu bisa saja terjadi apabila kita tidak mengantisipasi dengan membawa sebuah perangkat power bank atau lupa membawa charger. Baterai yang kehabisan daya total biasanya tidak akan dapat dicharger dan hal ini akan membahayakan kondisi baterai.


Demikan 6 hal yang harus kita hindari agar ponsel kita menjadi lebih awet dan tahan lama. jika anda mempunyai ponsel android anda sebaiknya juga memaca artikel tentang Hindari 4 Hal Ini Jika Ingin Ponsel Android Pengen Tahan Lama . terimakasih atas perhatian dari sobat semua,semoga bermanfaat.
Advertisement
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Hindari 6 Hal Ini Agar Hp Lebih Awet Dan Tahan Lama"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, dilarang berkata kotor, sara, negatif Dan dilarang SPAM !!!!