Cara Menghemat Baterai Android terampuh

Caramenyu.com - Smartphone android merupakan ponsel yang paling banyakan digunakan saat ini,terutama oleh para generasi muda. Android merajai ponsel setelah menyingkirkan Symbian yang lebih dulu menjadi raja ponsel. Dulu sebelum os android digunakan diponsel,ponsel os Symbian merupakan os yang paling banyakan digunakan terutama pada hp Nokia. Yang membuat nokia merajai pasaran ponsel. Tapi setelah muncul android, seiring berjalannya waktu symbian hancur dan saat ini symbian sudah tidak diproduksi. Bahkan nokia juga ikut hancur, seperti yang sudah kita ketahui saat ini nokia sudah berganti atau menyatu dengan Microsoft. Hp android sangat populer dengan berbagai fitur yang bisa kamu rasakan seperti menggunakan komputer. Dengan banyaknya fitur ini juga menjadi kelemahan hp android yaitu baerai yang cepat habis.
Kendala  yang saat ini sering dikeluhkan pengguna android adalah pada bagian baterai. Bagian baterai ini sangat fital karena jika baterai habis ponsel tidak bisa menyala alias tidak bisa digunakan. Saat ini pengembang android sudah banyak yang menggunakan fitur fast charging atau pengisian cepat. Maksudnya baterai akan terisi cepat walau dicharge dalam waktu pendek. Tapi ini tetap saja baterai akan cepat habis. Untuk itu di sini saya akan membagikan tips cara menghemat baterai android. Dengan menggunakan cara ini kamu akan merasakan lebih lama baterai bertahan.

Artikel terkait

Berikut ini beberapa cara menghemat baterai android yang dapat kamu praktekan sendiri di ponsel android :
  1. Gunakan akses paket data, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth seperlunya saja. Penggunaan akses paket data, GPS, Wi-Fi atau Bluetooth secara bersamaan maupun sendiri akan menyedot pemakaian daya baterai yang lebih besar.      
  2. Matikan fasilitas Auto Sync. Fasilitas Auto Sync ini mengijinkan ponsel untuk melakukan sinkronisasi data dengan akun-akun seperti google, facebook, whatapps, yahoo dll yang telah ditambahkan di saat koneksi internet tersedia. Untuk menonaktifkan auto sync gunakan Menu > Pengaturan > Akun dan sink. Hilangkan kedua centang pada bagian Data Latar Belakang dan Sink otmatis.
  3. Matikan fasilitas GPS. Fasilitas GPS ini memungkinkan satelit untuk mengetahui posisi ponsel Android berada. Untuk menonaktifkan GPS gunakan Menu > Pengaturan > Lokasi dan Pengamanan. Hilangkan centang pada bagian Gunakan satelit GPS.
  4.   Kurangi Screen Brightness pada ponsel Android mu.  Screen Brightness yang terlalu terang akan menyebabkan konsumsi baterai semakin boros. Oleh karena itu atur screen brightness Android menjadi agak lebih redup. Gunakan Menu > Pengaturan > Tampilan > Pencerahan.
  5.  Hilangkan animation & Accelerometer / auto – rotate (layar putar otomatis).  Salah satu daya tarik ponsel android adalah antarmuka yang atraktif dengan animasi dan orientasi layar yang bisa menyesuaikan. Namun hal itu membutuhkan daya baterai ekstra. Maka untuk kepentingan kesehatan baterai matikan kedua fitur tersebut.Jangan lupa matikan juga fitur Layar putar otomatis dengan cara menghilangkan centang pada sub menu tersebut.
  6.  Gunakan Wallpaper statis.  Wallpaper animasi atau Livewallpaper akan memperberat kinerja prosesor pada ponsel Android. Oleh karena itu, gunakan wallpaper static biasa yang tidak bergerak sehingga konsumsi baterai akan lebih hemat.
  7. Atur ulang volume suara ponsel Android.  Volume suara yang tinggi juga dapat menguras penggunaan baterai ponsel Android. Untuk mengatur volume suara gunakan Menu > Pengaturan > Suara > Volume.
  8. Setting waktu layar mati (screen time-out) sesingkat mungkin. Atur waktu layar mati secara otomatis sesingkat mungkin atau segera tekan kunci tombol apabila ponsel Android tidak digunakan, hal ini dilakukan agar layar segera mati sehingga konsumsi baterai lebih hemat dan irit.
  9. Gunakan aplikasi penghemat baterai seperti Easy Battery Saver atau 2x Battery Saver. Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store (Android Market).


 Sahabat gadget ,demikian artikel tentang cara menghemat baterai di smartphone android yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba J