Cara Mempercepat Android dengan Cara Menghemat RAM Tanpa Root

Advertisement
Advertisement
Caramenyu.com - Saat kita ingin membeli smartphone baru, hendaknya kita memilih smartphone yang memiliki RAM yang besar, karena hal itu adalah hal yang harus dilakukan oleh para pembeli jika ingin kecepatan dan peforma ponsel tetap terjaga. Apalagi jika Anda senang meluncur di dunia maya dan games. Berbagai media sosial dan game- game pilihan diunduh semua tentu hal ini akan menyebabkan peforma RAM pada ponsel anda menurun. 

Bagaimana cara agar peforma tetap bagus?

Pengguna ponsel android harus pintar- pintar merawat ponselnya, banyak aplikasi yang diinstal itu akan menyebabkan turunya peforma alias lemot, maka Anda harus tau konsumsi memori pada ponsel. Seperti kapan  membesihkan cache/ sampah, history, bugs, dan lainnya harus dirawat secara rutin.
Cara merawat RAM agar tetap baik peformanya, mungkin banyak diantara sobat gadget yang dari tadi bingung, Apa itu RAM? Apa fungsinya?

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Semakin besar RAM pada ponsel Anda, semakin besar pula anda dapat menjalankan multitasking atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan pada ponsel android.
 
Berikut ini cara merawat RAM agar tetap memiliki peforma yang baik (tanpa root):

1. Membatasi Penggunaan Widget dan Live Walpapers

Widget dan live wallpapers adalah salah satu fitur android yang banyak memakan RAM, memang dapat membuat ponsel anda terlihat menarik tapi semakin banyak anda pasang semakin banyak RAM yang termakan

2. Menonaktifkan atau Mendisable Aplikasi
 Ada beberapa aplikasi yang tak sedang digunakan tetapi memakan RAM, nah ini juga perlu dirawat yaitu dengan menonaktifkan. Mungkin cara ini membuat anda sedikit meluangkan waktu untuk mencari dan melakukanya, tak mengapa asal RAM di ponsel kita bekerja dengan baik. Caranya masuk ke Settings > Apps > cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan lalu tap dan pilih disable seperti gambar di atas.

3. Menonaktifkan atau Mendisable Animasi

Animasi juga termasuk pemakan RAM yang lumayan rakus, jika tak penting- penting amat Anda bisa menonaktifkannya. Anda bisa mengatur hal ini pada opsi Developer Options di menu Settings. Untuk menonaktifkannya Anda bisa ke Settings > Developer Options>Drawing > Turn Off di semua opsi.

Sobat gadget itulah beberapa cara untuk menghemat RAM agar kinerja smartphone android anda menjadi lebih baik sehingga kecepatan ponsel kalian akan menjadi luar biasa stabil. Namun ada beberapa cara atau tips sederhana yang sering dilupakan oleh pengguna ponsel android. Kelihatanya sepele namun mempengaruhi kinerja RAM.

1. Memilih Aplikasi Yang Dianggap Penting

Sebelum kita mengunduh aplikasi, Kita harus mengetahui kekuatan RAM pada ponsel kita, setelah itu baru unduh aplikasi seperlunya.

2. Menghapus Sosial Media dan Ganti Dengan Browser

Anda harus mengetahui bahwa aplikasi medsos paling banyak memakan RAM sehingga kecepatan dapat lambat alias lemot, oleh karena itu, lebih baik gunakan browser untuk menggunakan media sosial.

3. Menyediakan Memori Bebas 30%

Agar Android kita tetap dalam kondisi normal dan lancar dalam membuka aplikasi, sediakan space RAM minimal 30% supaya Android tidak mudah LAG, lemot, ataupun macet. Hal ini bisa menjadi solusi terbaik dalam membatasi kebutuhan RAM Android.

4. Mematikan Android Secara Berkala

Ponsel android juga harus butuh istirahat, seperti halnya manusia yang butuh istirahat untuk mengembalikan stamina yang lelah, begitupun kinerja RAM yang seharian penuh bekerja perlu diistirahatkan.

Demikian artikel sobat gadget kali ini tentang cara merawat RAM agar ponsel android kita tetap bekerja dengan baik, semoga bermanfaat bagi sobat gadget semua..
ARTIKEL TERKAIT :