Cara Membedakan Smartphone Asli dan Replika

Caramenyu.com - Saat ini banyak sekali beredar berbagai macam produk smartphone, mulai dari kelas menengah kebawah sampai kelas PREMIUM. Sebelum kita membeli smartphone, terlebih lagi yang kelas primer. Alangkah baiknya kita Kenali terlebih dahulu produk smartphone yang ingin Anda beli agar tidak tertipu dengan smartphone palsu yang menyerupai aslinya.
Karena dibalik harga Smartphone premium yang sangat tinggi serta penjualan yang dilakukan secara terbatas, sehingga banyak produsen yang memanfaatkan hal itu untuk meraup keuntungan dengan menciptakan smartphone replika yang memiliki bentuk dan desain yang sangat mirip dengan aslinya lalu dijual dipasaran dengan harga yang relatif lebih murah.

Maka dari itu,Anda perlu untuk membaca tips-tips membedakan smartphone Asli dan Replika Berikut ini :
1. Kualitas dan harga
Seperti yang disebutkan diatas,smartphone Replika cenderung dijual dipasaran dengan harga miring atau jauh lebih murah dari harga produk aslinya. Anda jangan mudah tergiur dengan tawaran harga yang sangat murah karena bisa saja itu adalah smartphone palsu.Contoh misalnya,harga Samsung galaxy S7 asli sekitar Rp. 7 jutaan,lalu Anda ditawari oleh seseorang dengan nama dan tipe produk yang sama dengan harga yang cuma Rp. 5 jutaan saja,maka bisa jadi itu adalah Samsung galaxy S7 replika.
2. Periksa terlebih dahulu desain,bentuk dan warnanya
Biasanya smartphone Replika memiliki bentuk yang menyerupai smartphone palsu,tentu memiliki beberapa perbedaan bentuk dan desain dari smartphone aslinya. Kita ambil contoh lagi dari smartphone Galaxy S7,jika Galaxy S7 asli memiliki bentuk yang terlihat elegan dan body yang sedikit lebih berat jika digenggam. Serta kualitas layar yang terlihat lebih tajam. Maka Samsung galaxy S7 Replika akan memiliki ciri-ciri bentuk,berat dan kualitas layar yang kebalikan dari galaxy S7 asli tersebut.
3. Cek IMEI Sebelum membeli
Dengan mengecek imei smartphone,kita akan lebih mudah untuk membedakan mana smartphone yang asli dan mana smartphone yang replika. Karena IMEI pada smartphone merupakan suatu pengenal yang bisa kita gunakan untuk mengetahui asal dan negara dimana smartphone tersebut dibuat. Oleh karena itu,periksalah IMEI yang terdapat pada BOX smartphone terlebih dahulu lalu cek dengan dial *#06# pada smartphone yang ingin Anda ketahui keasliannya.
4. Uji coba Benchmark dan data exif
Dengan menguji Benchmark dan data exif juga bisa dijadikan acuan untuk mengenali keaslian dari smartphone. Uji Benchmark pada Samsung Galaxy S7 asli biasanya akan tembus diangka 128.791 dan bahkan lebih dari itu. Dan Samsung galaxy S7 Replika jika dilakukan uji Benchmark,maka nilainya jauh lebih rendah dengan produk Samsung galaxy S7 asli. Pengecekan data exif sendiri caranya sangat mudah,cukup melihat rincian hasil foto yang diambil dari smartphone. Jika smartphoneNya asli,akan ada tulisan gambar di ambil dari merk smartphone yang Anda cek, dan smartphone palsu/replika jika di cek data exifnya hanya tertulis Unknown saja.
5. Cek Performa dan spesifikasi
Cara terakhir yang akan kita gunakan ini,akan lebih mudah untuk mengenali keaslian perangkat smartphone. Performa dari smartphone Replika cenderung berjalan lebih lambat dan membutuhkan kesabaran dibandingkan dengan smartphone asli yang lebih smooth jika digunakan. Karena RAM pada smartphone Replika biasanya lebih kecil dari smartphone asli, sehingga tidak terlalu lancar digunakan untuk multitasking.
Itulah beberapa Tips dan trik untuk membedakan Smartphone Asli dan Smartphone Replika, sehingga Anda akan lebih mudah mengetahui kualitas smartphone yang akan Anda beli nantinya.