Cara Memperbaiki Baterai Ngedrop Dengan Kalibrasi

Caramenyu.com - Masalah baterai adalah permasalahan yang umum bagi para pengguna alat elektronik. Entah itu smartphone ataupun laptop. kebanyakan dari mereka sering mengeluh kenapa kok baterai cepat habis. Mungkin hal ini terbilang wajar apabila kita seorang pengguna ponsel berbasis CDMA. Kenapa saya bilang wajar? Karena pada jaringan CDMA ini memang terkenal paling boros dalam pemakaian daya baterai. 

Tetapi, apabila anda pengguna ponsel berbasis GSM, tentu hal ini adalah sesuatu yang mencurigakan. Mungkin hal ini bisa disebabkan oleh penurunan kapasitas baterai yang bisa dipengaruhi oleh kualitas baterai atau karena terdapat kerusakan pada sistem perangkat ponsel anda. Salah satu ciri kerusakan sistem pada ponsel yaitu pada saat baterai kita charger, akan mudah penuh. Sebagai contoh, pada waktu pengisian normalnya adalah 2 jam, tetapi baru 1 jam pengisian indikator baterai sudah menunjukan tanda penuh. Kerusakan sistem ini adalah tampilan widget ponsel anda tidak sama dengan kapasitas yang ada pada baterai.
Cara memperbaiki baterai ngedrop dengan kalibrasi

Kebanyakan dari kita, apabila mengalami hal tersebut. Pasti kita berfikiran bahwa baterai ponsel kita yang rusak. Jangan anda terburu-buru untuk mengganti baterai ponsel anda, karena apabila kerusakan bukan pada baterai anda. Anda bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan cara mengkalibrasinya. Dalam proses kalibrasi, data yang ada pada widget ponsel anda akan disesuaikan dengan kapasitas baterai yang sebenarnya.
Cara melakukan kalibrasi, dapat anda lakukan dengan 2 cara, 

  • Cara pertama (khusus android) dengan melakukan root terlebih dahulu pada perangkat anda.  
  • Cara kedua secara manual (semua ponsel), untuk cara memperbaiki baterai ngedrop dengan kalibrasi secara manual, 
Untuk mengkalibrasi baterai secara manual,ikuti langkah-langkah dibawah ini :

A. Kosongkan isi baterai HP
Kuraslah terlebih dahulu baterai ponsel anda dengan cara digunakan secara terus menerus hingga habis, atau sampai mati.

B. Isi baterai ponsel dalam keadaaan ponsel mati, 
Pada saat daya baterai sudah habis total, charger kembali ponsel anda dalam keadaan ponsel mati hingga daya baterai terisi penuh, sudah mencapai 100%

C. Charge HP dalam keadaan hidup, 
Ketika widget sudah menunjukkan 100% nyalakan ponsel anda dan biarkan ponsel tetap terhubung dengan charger selama beberapa menit (max 30 menit).

D. Charge Hp dalam keadaan mati, 
Setelah melewati tiga proses diatas, matikan lagi ponsel anda (charger masih terhubung dengan ponsel) lihat daya baterai sudah terisi 100% apa belum? Jika sudah biarkan saja sampai kira-kira 10 menit.

E. Hidupkan kembali Hp,
Setelah melewati 4 tahapan diatas,  hidupkan kembali ponsel anda dan lepas charger dari ponsel anda dan gunakan ponsel anda seperti biasanya sampai daya baterai kembali habis. Dan charge lagi sampai 100% maka baterai ponsel anda sudah terkalibrasi.

Demikian cara memperbaiki baterai ngedrop dengan kalibrasi. Cara ini sudah Saya praktikkan pada Hp Advan s5j dan  baterai berhasil normal kembali. Tetapi cara ini tidak bisa dilakukan pada baterai yang sudah rusak misal menggelembung atau bocor

0 Response to "Cara Memperbaiki Baterai Ngedrop Dengan Kalibrasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, dilarang berkata kotor, sara, negatif Dan dilarang SPAM !!!!