Apa Fungsi Unlock bootloader Beserta Kekurangan atau kelemahannya

Caramenyu.com - Sebagai vendor pendatang baru di bidang teknologi, khususnya smartphone, Xiaomi sukses menjadi vendor yang cepat diterima masyarakat karena selalu menawarkan smartphone murah tetapi berspesifikasi mewah. Bukan hanya itu saja, Xiaomi juga didukung oleh banyaknya pengguna yang aktif di forum sehingga memudahkan mereka dalam proses rooting dan ngoprek Android lainnya.

Pada awal kedatangan smartphone xiaomi, vendor asal negeri tirai bambu china ini selalu menghadirkan smartphone dalam keadaan unlock bootloader, sehingga memudahkan kita untuk mengoprek smartphone xiaomi. Akan tetapi baru-baru ini, atas nama alasan keamanan, semua smartphone dari Xiaomi yang dirilis sejak akhir tahun 2015 hadir dalam keadaan Bootloader yang terkunci. 

Apa Fungsi Unlock bootloader Beserta Kekurangan atau kelemahannya

Mungkin anda bertanya-tanya apa itu lock bootloader dan unlock bootloader, dan apa fungsinya serta apa saja kekurangannya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang fungsi dan kekurangan dari unlock bootloader.

Artikel terkait :
Fungsi dari unlock bootloader :

Pada dasarnya, setiap perangkat Android memiliki Bootloader yang berfungsi untuk mengarahkan kernel sistem operasi melakukan booting secara normal.

Seperti yang anda ketahui bahwa sistem operasi Android bersifat Open Source dengan tersedia beragam jenis hardware yang berbeda, sehingga setiap OEM memilki versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang ia gunakan.

Jadi itu sebabnya custom ROM setiap merk perangkat Android selalu berbeda. Apabila ponsel kita sudah unlock bootloader, kita bisa berpindah-pindah Rom(Custom Rom), Rooting, pasang XPOSED, TWRP dll. hal ini berbanding terbalik apabila ponsel kita masih dalam keadaan lock bootloader.


Sebagai bahan pertimbangan apakah anda menginginkan ponsel xiaominya tetap lock bootloader atau ingin unlock bootloadaer. Kenapa saya mengatakan demikian? Karena apabila anda meng-unlock bootloadernya dan itu cuma untuk gaya-gayaan, saya sarankan anda lebih baik tidak usah melakukannya. Kenapa? Karena unlock bootloader ini juga mempunyai kekurangan dan kelemahannya.


Kekurangan dan kelemahan unlock bootloader



  • HP menjadi kurang aman dan lebih rentan terhadap Malware
  • Fitur yang memerlukan keamanan seperti Find Device, added-value services dll tidak bisa lagi digunakan

Sebagai penjelasan saja, dalam 3 bulan ini, saya sudah berkali-kali mengunlock bootloader Ponsel Xiaomi punya teman-teman, mulai dari Redmi 3X , Redmi Note 3 Pro, dan sekarang Mi max. Dan sampai saat ini, ponsel xiaomi teman-teman sama sekali tidak bermasalah.     


Tetapi apabila anda masih ragu, untuk unlock bootloadernya. Silahkan anda pikirkan secara masak-masak terlebih dahulu. Sekian terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT :

0 Komentar untuk "Apa Fungsi Unlock bootloader Beserta Kekurangan atau kelemahannya"

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, dilarang berkata kotor, sara, negatif Dan dilarang SPAM !!!!

Back To Top