[ SOLVED ] Masalah Yang Sering Muncul Di Hp Xiaomi Dan Cara Menyelesaikannya

Caramenyu.com - Semakin hari semakin banyak produsen-produsen smartphone yang bermunculan, hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi suatu negara yang semakin bertambah. Hal ini tentu saja akan memicu kita untuk lebih jitu dalam memilih produk smartphone agar tidak kecewa dikemudian hari. Tentu saja itu juga harus mengacu pada besaran dana yang akan kita gunakan nantinya, karena saat ini tiap produsen juga berlomba-lomba untuk membuat smartphone yang fitur-fiturnya bagus, desainnya menawan, serta spek yang di muat sangat menjanjikan.

Meskipun sebuah smartphone sudah memiliki spek / kemampuan yang mumpuni, akan tetapi setiap smartphone pasti tak luput dari adanya kelemahan. Sebagai contoh misalnya pada smartphone xiaomi, xiaomi sendiri merupakan pabrikan smartphone yang berasal dari tiongkok yang saat ini sedang digandrungi oleh para generasi muda, itu karena produsen ini menawarkan smartphone yang memiliki spek yang bagus serta harganya yang masih terjangkau.


Meskipun xiaomi mempunyai spek yang mumpuni, akan tetapi smartphone ini juga tak luput dari kelemahan. Tetapi sobat jangan dulu berkecil hati, karena pada artikel kali ini saya akan coba memberikan solusi tentang masalah-masalah yang sering muncul pada smartphpne xiaomi.
Baca juga :

Berikut adalah masalah-masalah yang sering muncul di smartphone xiaomi dan cara mengatasinya : 

1. Kontak Whatsapp tidak ada

Jika mendapati kontak WhatsApp kamu tidak muncul di smartphone Xiaomi, tidak usah panik dan ngedumel. Ini terjadi karena kamu tidak memberikan Permissions kepada WhatsApp untuk mengakses informasi kontakmu. Untuk mengatasinya silakan masuk menu Security > Permissions, lalu cari WhatsApp. Jangan lupa berikan tanda ceklis pada bagian Contact.

2. Notifikasi Bbm Tidak Masuk

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ini, Aplikasi Bbm saat ini menjadi aplikasi chatting terpopuler. Tetapi apa jadinya jika ada orang yang mengirim pesan chat, tetapi di ponsel kita tidak ada notifikasi adanya pesan baru, padahal pesan itu penting dan sangat urgent. Masalah ini adalah masalah paling banyak dialami para pengguna ponsel Xiaomi. Pemberitahuan atau notifikasi BBM telat muncul atau bahkan tidak masuk, semua itu karena aplikasi BBM tersebut keluar dengan sendirinya.
Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian cukup membuka Security - Permissions. Pilih Autostart, dan nyalakan fungsi Autostart BBM. Cara ini juga mampu untuk membuat semua aplikasi berjalan sempurna di MIUI.

3. Notifikasi Activation Sim Card

Biasanya kita sering menonaktifkan smartphone kita saat kita sedang mencharger di waktu malam hari. Tapi apa jadinya pada saat kita menyalakan kembali di pagi harinya, kita mendapat pesan untuk activation kartu Sim. Hal ini Seringkali terjadi saat pertama menonaktifkan Smartphone Xiaomi kemudian menyalakannya lagi. Tentu saja masalah ini sangat menjengkelkan. Hal ini sebenarnya terjadi karena nomor HP kita tidak atau belum terdaftar di akun Mi. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah, anda cukup registrasi no HP anda melalui http://i.mi.com/.

4. Baterai Boros Saat Terhubung Dengan Wifi

Jaringan wifi saat ini banyak kita temukan, tidak hanya di mall-mall atau instansi pemerintah saja. Saat ini banyak sekali tempat nongkrong atau cafe-cafe yang menyediakan wifi gratis untuk mengundang banyak pengunjung untuk sekedar membeli kopi. Hal ini tentu saja tidak akan dilewatkan, Apalagi bisa menggunakan Wifi secara gratis serta bisa menghemat kuota kita. Biasanya, para pengguna smartphone Android akan lebih bisa menghemat daya saat sedang terhubung ke jaringan wifi ketimbang memakai data seluler. Akan tetapi hal itu berbanding terbalik dengan sebagian smartphone Xiaomi. Faktor ini disebabkan karena layanan Mi Cloud aktif dan sedang melakukan backup data anda. Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, yaitu dengan mematikan atau logout mi account, jadi proses backupnya akan terhenti.

5. Tidak Ada Recovery Setting

Recovery Setting pada smartphone Android sangat penting. Recovery ini digunakan untuk melakukan backup data, wipe data, sampai update sistem dengan mudah. Sayangnya semua smartphone Xiaomi yang diluncurkan pada akhir 2015 dan pada tahun 2016 tidak dibekali dengan Recovery Setting. Hal ini dikarenakan semua smartphone Xiaomi versi terbaru telah di lock Bootloadernya. Untuk bisa memasang Recovery setting di Xiaomi, anda harus terlebih dahulu mengunlock Bootloadernya. Agar anda bisa mengunlock bootloadernya secara resmi, anda harus terlebih dahulu melakukan permintaan unlock Bootloadernya melewati situs  http://en.miui.com/unlock/, dan ikutilah tutorial selanjutnya.
“Setelah Bootloader berhasil di unlock, anda bisa memasang Recovery setting menggunakan Adb Command. Setelah itu anda juga bisa melakukan berbagai hal, antara lain me-root Android, dan juga menginstal custom ROM.”
6. Hilangnya jaringan 4G

Terkendala oleh aturan TKDN ( Tingkat Kandungan Dalam Negeri ), Xiaomi terpaksa harus menghilangkan dukungan jaringan 4G pada smartphonenya yang ada di Indonesia. Tipe smartphone Xiaomi yang 4G-nya hilang setelah mendapat update MIUI versi global adalah tipe Redmi 3 dan Redmi Note 3 Pro.
Untuk mengembalikan 4G yang hilang pada Xiaomi, anda harus mengembalikan ROM smartphone Xiaomi anda ke ROM versi China dengan cara di flashing ulang. CARA MENGEMBALIKAN 4G YANG HILANG SETELAH UPDATE MIUI 7.5.


Itulah berbagai masalah yang timbul pada smartphone xiaomi dan cara untuk mengatasinya. Apabila ada masalah yang lain yang belum dapat saya sampaikan, mohon kesediaannya sobat semua untuk share. Kritik dan saran sangat saya butuhkan untuk perkembangan blog ini.








0 Response to "[ SOLVED ] Masalah Yang Sering Muncul Di Hp Xiaomi Dan Cara Menyelesaikannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, dilarang berkata kotor, sara, negatif Dan dilarang SPAM !!!!