Cara Menghilangkan Bercak Hitam Pada Lcd Ponsel

Advertisement
Advertisement
Caramenyu.com - Pernahkan sobat gadget mengalami masalah pada LCD ponsel anda, seperti timbulnya bercak hitam atau bintik hitam pada layar ponsel. biasanya hal itu diakibatkan oleh banyak faktor, selain karena umurnya yang sudah lama ada juga beberapa faktor lain yang bisa mempercepat timbulnya bercak hitam pada layar ponsel, seperti terjatuh dari tempat yang cukup tinggi.

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan salah satu jenis teknologi yang telah ada sejak tahun 1888. LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD biasa digunakan di berbagai bidang elektronik seperti televisi kalkulator dan layar komputer. Pada saat ini LCD juga digunakan untuk layar smartphone. Pada LCD berwarna terdapat banyak titik cahaya atau pixel yang terdiri dari 1 buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walaupun disebut sebagai titik cahaya kristal cair ini tidak memancarkan cahayanya sendiri.

Adapun sumber cahaya dari LCD adalah lampu neon berwarna putih yang ada di bagian belakang susunan kristal cair tersebut. Adapun titik-titik atau bintik hitam dilayar kemungkinan besar akibat adanya kebocoran pada LCD. Bagi sobat yang memiliki ponsel yang mengalami permasalahan pada layar ponselnya yaitu nya timbul titik-titik atau bintik-bintik hitam ini jangan buru-buru berpikir untuk segera mengganti layar ponsel sobat.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa sobat coba lakukan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam atau bercak hitam pada layar LCD ponsel sobat:

  1. Matikan ponsel atau smartphone Sobat dan buka casing nya, lepaskan baterai, simcard dan juga memory card di dalamnya jika ada. Masukkan ponsel sobat ke dalam wadah plastik bening dan tutup rapat, pastikan tidak ada kebocoran pada plastik tersebut hal ini sangat penting untuk langkah selanjutnya.
        
  2. Kemudian masukkan ponsel sobat yang telah dilapisi plastik ke dalam freezer bagian atas dari kulkas atau lemari es. Biarkan ponsel sobat selama 5 sampai dengan 7 jam kemudian baru keluarkan.
       
  3. Setelah dikeluarkan buka plastik pembungkusnya dan diamkan ponsel sobat selama beberapa waktu agar suhu ponsel kembali menjadi normal. Sobat juga bisa mendiamkan ponsel sambil mengelapnya jika ada uap air yang melekat pada ponsel.     
  4. Untuk mempercepat proses ini sobat bisa menyemprot ponsel dengan angin kompresor atau ditaruh di depan kipas angin. Jika sobat merasa ponsel sobat sudah benar-benar kering dan tidak ada lagi embun atau uap yang tersisa pasang lah kembali baterai kartu SIM dan juga memory cardnya.
        
  5. Kemudian coba Nyalakan kembali ponsel sobat yang tadi mengalami bintik-bintik hitam pada LCD nya. Jika kerusakan pada layar ponsel sobat hanya sedikit kemungkinan bintik-bintik hitam tersebut akan hilang namun jika kerusakan pada LCD ponsel sobat sudah parah bintik-bintik tersebut tidak hilang semuanya.Jika hal yang demikian telah terjadi maka sobat memang harus mengganti LCD ponsel sobat. Pada saat ini sangat banyak penjual LCD ponsel yang dapat sobat temukan entah itu di toko-toko offline atau online. LCD ponsel biasanya dijual bervariasi harganya tergantung dari ukuran dan kualitas. pastikan sobat membeli LCD yang sesuai dengan ponsel sobat, Atau jika ponsel sobat masih dalam masa garansi jangan sungkan untuk segera membawa ponsel sobat ke servis center terdekat dikota Sobat. Nanti akan dilakukan pengecekaan, jika ponsel sobat memenuhi syarat, kemungkinan akan diberikan layanan penggantian layar LCD secara cuma-cuma.
Demikianlah cara menghilangkan bintik bintik atau bercak pada layar ponsel yang bisa sobat coba dengan mudah semoga informasi ini berguna bagi sobat yang sedang mencari cara menghilangkan bintik bintik atau bercak pada layar ponsel. Salam Tekno!
Advertisement
ARTIKEL TERKAIT :