Cara Upload Foto Ke Album Picasaweb

Caramenyu.com - Kali ini saya akan membahas bagaimana cara upload foto ke album picasaweb, Picasa adalah aplikasi dari Google untuk mengorganisir dan menyunting foto digital. 
Cara upload foto ke picasaweb


Kelebihan Picasa antara lain adalah :
  1. Gratis bagi pemilik akun Google.
  2. Menyediakan media penyimpanan foto online di http://picasaweb.google.com. Situs ini juga memperbolehkan penyimpanan file video.
  3. Foto yang tersimpan secara online dapat disertakan (embed) dalam situs web/blog dengan mudah.
  4. Memiliki fitur "tagging" dengan mengenali wajah dan mensinkronisasikannya dengan kontak.
  5. Tersedia fasilitas upload file foto dan video langsung dari komputer, tanpa harus masuk via web.


Saya sendiri memanfaatkan foto-foto yang telah diupload ke PicasaWeb untuk situs www.baitulamin.org dan situs-situs lainnya. Dengan demikian, akan menghemat web hosting dan web traffic. Selain itu, akan memudahkan restorisasi website jika terjadi crash pada web hosting karena database (sql misalnya) otomatis menyimpan link gambar dari PicasaWeb.

Mari kita manfaatkan fasilitas gratis dari Google ini. Langkah awal :
  1. Pastikan anda telah memiliki akun Google. Bila belum, silahkan bikin di http://www.gmail.com
  2. Pastikan akun Google anda sudah terdaftar di http://picasaweb.google.com/
  3. Download dan install aplikasi Picasa terbaru dari http://picasa.google.com/ jika belum punya.
  4. Pastikan komputer telah terkoneksi ke internet


Berikut ini adalah cara upload foto langsung dari komputer Windows 7. Versi operating system lainnya bisa menyesuaikan :
  1. Buka folder foto di komputer anda yang ingin anda upload.
  2. Buka salah satu foto dengan Picasa Viewer. Jika Picasa Viewer sudah menjadi default image viewer di komputer anda, maka cukup mengklik ganda foto tersebut. Jika belum, maka klik kanan salah satu foto, kemudian pilih Open with > Picasa Photo Viewer.
  3. Pada window Picasa Photo Viewer, klik Edit in Picasa. Anda akan masuk ke Picasa Photo Editor.
  4. Jika diinginkan, beri caption atau keterangan foto dengan mengklik bagian bawah foto (01) dalam Picasa Photo Editor. Klik tanda panah (2a, 2b) di bagian atas untuk melihat foto lainnya dan memberi keterangan. Disini anda juga dapat menyunting foto untuk merubah brightness/contrast, mempertajam foto, memberi teks dll (3). Jika sudah selesai, klik Back to Library (4).
  5. Dalam Photo Library, pilih foto yang ingin anda upload. Untuk memilih lebih dari satu, tekan dan tahan Ctrl sambil mengklik beberapa foto. Kemudian klik Upload.
  6. Jika belum signed in ke Google Picasa, window sign in akan muncul. Masukkan username dan password akun Google anda. Kemudian klik Sign In.
  7. Sebelum meng-upload anda dapat merubah: Judul album pada Album Title, Keterangan album pada Description, Pilihan resolusi gambar (Size to upload), pilih: => Original size, jika anda ingin ukuran foto yang akan diupload tidak dirubah. Jika foto anda ukurannya sangat besar, pilihan ini akan memakan waktu lama dalam uploading. Tapi file online ini akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. => atau Recommended: 1600 pixels, jika foto yang akan diupload untuk keperluan cetak majalah 300LPI, bahan penyuntingan video HD, bahan website/blog, atau screensavers. => atau Medium: 1024 pixels, cukup untuk  keperluan cetak majalah 200LPI, bahan penyuntingan video berformat DVD, serta bahan website/blog. => Small: 640 pixels, cukup untuk bahan website atau blog.
  8. Visibility for this album:
  9. Public, album foto online anda akan bisa dilihat oleh semua orang yang mengakses internet dan terpantau di search engine. Pilih ini jika anda ingin menggunakan foto tersebut untuk website atau blog anda.
  10. Unlisted, album foto online anda akan bisa dilihat oleh semua orang yang anda beri link/tautan.
  11. Sign-in required to view, hanya anda ketika login yang bisa melihat album foto online.
  12. Klik Upload untuk memulai menyimpannya di web album. Anda akan melihat progres uploading.
  13. Ketika semua foto telah ter-upload, anda dapat melihatnya secara online dengan mengklik View Online.
Artikel lain 


Tips
Anda dapat menambahkan tanda air atau watermark pada foto-foto yang anda upload. Caranya:
  1. Klik menu Tools > Options.
  2. Klik tab Web Albums, centang/aktifkan Add a watermarks for all photo uploads, ketik teks watermark yang anda inginkan pada kotak isian di bawahnya, kemudian klik OK.
  3. Anda dapat meng-upload satu folder sekaligus dengan cara mengklik kanan nama album pada Photo Library, kemudian klik Upload to Picasa Web Albums.
Tag : Blogger, Tutorial

ARTIKEL TERKAIT :

Back To Top