Cara Mengisi Baterai Baru Agar Awet Dan Tahan Lama

Advertisement
Advertisement
Caramenyu.com - Pada saat kita membeli sebuah ponsel baru, pasti dari pihak penjual ponsel akan mengingatkan kita untuk mencharger dahulu ponsel kita selama kurang lebih 8 jam terlebih dahulu sebelum kita menggunakannya. Biasanya para penjual menyarankan hal tersebut supaya baterai menjadi tahan lama nantinya. Mungkin dari anda semua, ada yang percaya dan ada yang mengabaikannya. Baiklah,dari pada kita bertanya-tanya tentang benar tidaknya mitos tersebut, marilah kita membahasnya bersama-sama.
Cara mengisi baterai baru agar awet dan tahan lama

Pada Jaman dulu hampir semua ponsel menggunakan baterai jenis NiCAD. NiCAD (nickle-cadmium battery/NiCAD) merupakan jenis baterai generasi pertama. Baterai ini memiliki kapasitas yang besar, Baterai ini sangat cocok untuk ponsel jaman dulu yang menggunakan tenaga yang cukup besar. Dalam proses mengisi daya pada baterai jenis ini, dibutuhkan waktu yang relatif cukup lama. Dan untuk menchargernya saja, kita diharuskan menunggu sampai isi/daya baterai sepenuhnya kosong karena NiCAD memiliki memory effect.
Artikel terkait :
Pada saat ini, baterai yang paling banyak digunakan adalah baterai jenis Li-ION ( Lithium ION). Baterai jenis Li-ION ini, merupakan baterai yang tidak memiliki memory effect seperti halnya pada baterai NICAD, Jadi baterai jenis ini bisa langsung anda isi ulang tanpa harus menunggu sampai baterainya kosong. Baterai jenis ini berbanding terbalik dengan baterai jenis NICAD, termasuk dalam hal waktu pengisian daya baterai. Karena baterai jenis ini tidak baik apabila anda terlalu lama pada saat pengisian daya, karena akan mengurangi kinerja baterai tersebut. 

Dari uraian artikel diatas, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan yang intinya, pengisian baterai baru selama 8 jam itu baik atau tidaknya tergantung dari jenis baterai yang kita gunakan didalam ponsel kita. Apabila kita menggunakan ponsel lama dan menggunakan jenis baterai NiCAD, bisa dikatakan benar karena kita harus mencharger selama 8 jam dan harus sesudah baterai benar-benar kosong untuk mendapatkan baterai yang awet. Tetapi jika ponsel kita model terbaru dan sudah menggunakan baterai jenis Li-ION, mengisi ulang atau mencharger baterai selama 8 jam itu sangat salah karena itu hanya akan merusak baterai jenis Li-ION. Baterai jenis Li-ION cukup di isi ulang sampai penuh dan segera lepas chargernya agar baterai tersebut awet.
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Cara Mengisi Baterai Baru Agar Awet Dan Tahan Lama"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, dilarang berkata kotor, sara, negatif Dan dilarang SPAM !!!!