Tips Memperbaiki Lampu Yang Sudah Mati

Caramenyu.com - Artikel kali ini akan saya tulis dan saya bagikan untuk sobat gadget yang tadi sudah menanyakan bagaimana cara memperbaiki lampu hemat energi yang sudah mati, Sepertinya topik ini sangat menarik untuk saya tulis dan pada kesempatan kali ini saya menulis artikel tentang hal tersebut, sebenarnya sangat mudah sekali kita memperbaiki lampu hemat energi kalau hanya mengganti komponen-komponen elektronik saja namun jika komponen OT atau balance sudah putus maka akan susah untuk mencarinya lagi, nah disini yang saya bahas bukan bermasalah tentang OT namun komponen yang lain seperti transistor, dioda dan resistor, ketiga komponen ini memang sering kali putus dan akibatnya lampu TL mati, putusnya ketiga komponen ini bisa di sebabkan karena suhu yang sangat panas atau bahkan ada terjadi konsleting pada rangkaian lampu. 

Tips Memperbaiki Lampu Yang Sudah Mati


Peralatan yang harus sobat persiapkan untuk memperbaiki lampu hemat energi :
  1. Obeng Min atau bisa juga menggunakan tespen, yang nantinya untuk membuka tutup antara TL dan isi komponen yang tertutup.
  2. Avo Meter atau Multi Meter alat yang satu ini berfungsi untuk mengecek kondisi dari pada komponen pada rangkaian listrik, baik itu untuk mengecek resistor, transistor dan dioda, untuk menggunakannya sobat bisa membaca di halaman mengenal avometer
  3. Solder dan timah, kedua alat ini berfungsi untuk merekatkan dan melepas komponen dari MCB pada rangkaian. untuk itu silahkan sediakan alat ini untuk memperbaiki lampu hemat energi.
  4. Sediakan juga lampu bekas, lampu bekas ini berguna untuk di ambil komponennya jika memang lampu yang kita perbaiki membutuhkan komponen tersebut.

Setelah kita menyiapkan semua alat diatas langkah selanjutnya yaitu memperbaiki lampu emat energi tersebut, untuk langkah dibawah ini :
  1. Pertama-tama bukalah atau congkel rangkaian lampu dan TL. usahakan tidak harus merusak TL, jadi sobat harus sedikit bersabar untuk hal ini.
  2. Setelah terbuka lihat pada komponen apakah masih baik atau ada yang rusak (hangus terbakar). biasanya yang rentan terbakar adalah resistor, dioda dan transistor untuk kondensator sendiri sangat jarang untuk putus,
  3. Langkah selanjutnya sobat harus bisa untuk mengecek kondisi ini dengan teliti.

Berikut adalah komponen yang harus anda cek :
  1. Dioda, Jika sobat melihat komponen dioda yang terbakar langkah yang tepat adalah dengan melepas dioda tersebut, kemudian ganti dengan dioda yang sama dari lampu bekas. kalau tidak ada bekas sobat bisa menggunakan dioda lainnya dengan melihat ukuran dioda pada badan dioda.
    Tips Memperbaiki Lampu Yang Sudah Mati
  2. Resistor, Jika yang rusak pada resistor atau resistor terbakar, langkah yang tepat adalah dengan melepas resistor tersebut dengan menggunakan solder, ganti dengan resistor baru atau resistor dari lampu bekas, yang harus sobat perhatikan adalah nilai resistor tersebut karena setiap resistor tidak mempunyai nilai saya, untuk itu lihat warna pada resistor dan ganti dengan warna yang sama, jika sobat menggunakan avo meter sobat dengan mudah mengetahui nilai resistor tersebut.
    Tips Memperbaiki Lampu Yang Sudah Mati
  3. Transistor, Yang terakhir adalah mengganti transistor jika memang komponen sudah sobat ganti namun lampu tetap saja tidak mau nyala. untuk itu silahkan cek kondisi transistor, untuk cek kondisi transistor sobat harus lepas transistor dari MCB, kalau memang transistor sudah short maka transistor harus sobat ganti, kalau masih bingung cek transistor menggunakan AVOmeter.
    Tips Memperbaiki Lampu Yang Sudah Mati

Artikel terkait

Mungkin Itulah cara dan langkah yang paling tepat untuk memperbaiki lampu hemat energi yang sudah mati, jangan lupa jika memang semua komponen sudah sobat ganti dan tetap tidak bisa menyala besar. kemungkinan OT pada komponen sudah mati, untuk itu ganti dengan OT dari lampu bekas, dan kalau memang tidak bisa juga berarti yang putus adalah TL, dan pada akhirnya jika TL memang sudah tidak berfungsi bisa di simpulkan kalau lampu tersebut sudah mati total.Demikian artikel yang kita bahas kali ini,semoga bermanfaat buat sobat gadget semua.

ARTIKEL TERKAIT :

Back To Top