Inilah Jenis TEST PEN Dan Cara Kerjanya

Advertisement
Advertisement

Caramenyu.com - Alat mungil yang bernama test pen ini merupakan perangkat kerja yang sangat dibutuhkan oleh para teknik listrik. meski alat mungil dan terkesan seperti pena ini fungsinya sangat bermanfaat sekali. tidak jarang kita temui setiap teknik listrik membawanya baik dibawa didalam tas atau juga disakunya, namun apakah anda tahu fungsi sebenarnya alat mungil yang bernama test pen ini.
Pada umumnya test pen digunakan untuk mengecek daya listrik yang mengalir ke instalasi walaupun bisa juga untuk mengecek arus listrik menggunakkan multi meter namun test pen ini lebih mudah dan praktis. alat ini akan menyala kalau arus yang kita test bermuatan arus positif, namun sebaliknya kalau daya yang kita test bermuatan arus negatif maka alat ini tidak akan menyala.
   Baca jugaTips memperbaiki lampu yang sudah mati

Cara menggunakan Test Pen

Mungkin dari semua teknik listrik ataupun masyarakat umumnya sudah tahu cara menggunakan alat ini namun tidak ada salahnya kalau saya jelas agar penggunaannya aman dari sengatan listrik berikut ini yang harus anda lakukan, sebagai contoh kita cek arus listrik di stop kontak:

1. untuk menggunakan test pen silahkan pegang test pen sedemikian rupa.

2. ujung test pen dimasukkan dalam lubang stop kontan sedangkan jari telunjuk silahkan tempelkan pada pangkal test pen.

3.Jika test pen menyala berarti arus positif jika tidak nyala berarti arus negatif.

Begitu simple dan praktis, yang menjadi pertanyaannya kenapa arus positif bisa nyala sedangkan arus negatif saja tidak ada celah dari mana sebenarnya?
Silahkan lihat lagi pangkal dari test pen. kalau anda melihatnya ada karbon yang berwarna hitam. nah karbon itulah yang menjadikan tubuh kita menjadikan arus negatif. jadi setiap kita cek arus listrik yang bermuatan negatif secara otomatis jari telunjuk anda menjadi arus negatif. sobat gadget sudah paham??
  Baca juga Inilah cara memperbaiki remote tv sendiri

Jenis-Jenis Test Pen

Test pen juga mempunyai jenis-jenis bentuk dan juga cara memakainya. namun pada prinsip dasarnya sama yaitu untuk mengetahui arus listrik. 
  1. pertama test pen yang berbentuk obeng yang dipakai pada umumnya. 
  2. kedua test pen yang dihasilkan dari induksi atau reaksi dari arus positif listrik namun kadang-kadang juga dimanfaatkan untuk mengetahui arus negatif, namun test pen yang mamakai induksi listrik ini memakai baterai. bentuknya seperti gambar dibawah ini:



sekarang sobat gadget sudah mengetahui apakah test pen, fungsi dari test pen dan jenis test pen. ,gunakan test pen ini jika memang sobat gadget butuhkan. tetapi satu hal yang harus sobat gadget perhatikan, jauhkan test pen ini dari anak-anak agar tidak rusak hehe. Sekian artikel dari saya hari ini,kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih.



Advertisement
ARTIKEL TERKAIT :