Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah

Caramenyu.com - Sama seperti produk Oppo keluaran terbaru lainnya, Oppo F1 merupakan ponsel yang memiliki keunggulan pada sisi kameranya. Tentu saja hal ini akan memanjakan anda yang gemar berselfie ria. Selain unggul dalam segi kamera, ponsel oppo f1 ini memiliki desain premium dengan balutan body metal yang dilapisi kaca Gorilla Glass 4.

Berbicara tentang sebuah ponsel android, tentu saja tidak afdol apabila kita tidak membicarakan cara root android tersebut. Bagi anda yang mencari tutorial cara root oppo f1 dengan mudah, disini saya akan mencoba untuk membuat tutorial tentang cara root oppo f1 dengan mudah. Dalam proses ini sebaiknya ponsel anda sudah dalam keadaan Unlock Bootloader. Agar ponsel anda tidak hardbrick/bootloop.

Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah

Apa itu unlock bootloader? Silahkan baca Disini


Untuk berjaga-jaga silahkan anda melakukan Backup data penting anda. Sebelum kita melangkah lebih jauh, pastikan anda sudah menyiapkan semua bahan yang akan digunakan. Baiklah mari kita langsung saja menuju pada tutorial cara root oppo F1 dengan mudah yang akan kita angkat secara lengkap berikut ini :


Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah :

  1. Download Official TWRP Oppo F1  , SuperSu v2.65
  2. Download dan copy file Magictrick.zip ke ponsel anda
  3. Download  ADB Driver  atau (anda juga bisa menggunakan Universal ADB Driver ), kemudian ekstrak ADB di C untuk memudahkan kita dalam proses nantinya. ( hasilnya nanti c:\adb )
  4. Install ADB Driver atau Universal ADB Driver    
  5. Masuk ke Recovery Mode, dengan cara matikan ponsel lalu tunggu beberapa saat kemudian hidupkan lagi dengan cara tekan dan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan   
  6. Setelah masuk recovery mode silahkan pilih Install from storage device   
    Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah
  7. Pilih install file magictricks.zip   
  8. Setelah proses instalasi magictrick selesai, reboot ponsel anda   
  9. Setelah ponsel menyala, Aktifkan Developer Mode (Buka Setting => About Phone => kemudian pencet/tap 7 kali pada Build Number)    
  10. Setelah Developer Mode terbuka, kemudian aktifkan/ceklis allow oem unlocking / OEM Unlock dan USB debugging seperti gambar dibawah ini    
    Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah
  11. Hubungkan ponsel anda ke komputer dan masuk ke folder c:\adb klik kanan di folder adb dan klik “Open command window here”   
    Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah
  12. Pastikan ponsel anda sudah terdeteksi oleh komputer, kemudian ketik perintah “adb devices” untuk memastikan, dan apabila device terdeteksi,hasilnya kurang lebih seperti ini :   
    Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah
  13. Ketikkan command : “fastboot oem unlock” dan tunggu prosesnya hingga selesai   
    Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah
  14. Setelah proses selesai copy file twrp-3.0.2-0-f1f.img ke folder c:\adb , supaya lebih mudah silahkan rename menjadi twrp dan Copy file SuperSU v2.65 ke device/ponsel anda.   
  15. Flash TWRP dengan ketik perintah : “fastboot flash recovery twrp.img” dan tunggu hingga proses selesai   
  16. Secara otomatis ponsel akan reboot ke twrp ( silahkan masuk manual ke twrp jika ponsel tidak reboot )   
  17. Jika sudah berhasil masuk ke recovery TWRP silahkan melanjutkan proses flashing file SuperSU v2.65.zip dengan cara (masuk menu install kemudian pilih file SuperSU v2.65.zip)   
  18. Reboot ponsel anda   
  19. Selesai


 Hal-hal yang mungkin terjadi :



  • Jika ada yang terkena stuck “waiting for device” = install driver Oppo F1 hingga sukses dan HP dikenali komputer, jika sudah install driver masih belum juga dikenali silahkan coba install Universal ADB Driver. Ganti kabel data anda jika masih stuck. Dan langkah terakhir jika masih stuck silahkan dicoba di komputer lain.
  • Jika setelah flash SuperSU v2.65.zip via TWRP dan setelah reboot ke system SuperSU tidak muncul solusi adalah silahkan install SuperSU melalui Playstore
  • Jika gagal flash TWRP, recovery kembali ke stok. silahkan anda flash ulang twrp. setelah proses flash twrp selesai matikan ponsel kemudian nyalakan lagi dengan cara tekan dan tahan tombol power + vol bawah dan pastikan berhasil masuk ke TWRP.
  • Apabila anda membutuhkan stock recovery Oppo F1 silahkan download Disini


Note :- Caramenyu tidak bertanggung jawab apabila terjadi hardbrick/bootloop, jadi silahkan Do With Your Own Risk (DWYOR)
- Rooting akan menghangUskan garansi
-Jangan melakukan update OTA setelah perangkat berhasil diroot
- Tutorial ini khusus untuk Oppo F1, jangan sekali-kali digunakan untuk Oppo F1 Plus
- Jika sudah mengerti konsekuensi diatas, pastikan ponsel anda sudah terdeteksi di Pc/komputer

ARTIKEL TERKAIT :

0 Komentar untuk "Tutorial Cara Root Oppo F1 Dengan Mudah"

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, dilarang berkata kotor, sara, negatif Dan dilarang SPAM !!!!

Back To Top